Business Development

Pengembangan bisnis dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk membangun bisnis Anda. Berikut adalah sembilan cara yang dapat membantu perusahaan Anda menjadi yang paling terdepan.

Pengembangan bisnis dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk membangun bisnis Anda. Ini juga dapat mengambil banyak perhatian dan membutuhkan intensitas waktu. Pengembangan bisnis membutuhkan fokus, perencanaan, tenaga dan persisten. Melakukannya dengan benar akan membuahkan keuntungan yang besar, sedangkan bila Anda melakukannya dengan salah, akan menjadi kemerosotan.

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk pengembangan bisnis yang dapat membantu bisnis Anda berlari kencang tanpa kehilangan arah.

Kenali Kompetisi Anda

Hanya mengetahui nama-nama para kompetitor Anda tidaklah cukup. Nilailah apa yang mereka tawarkan sehingga Anda dapat membedakan bisnis yang dipunya dengan bisnis kompetitor. Seperti kata pepatah, janganlah bercermin di air keruh. Jika kompetitor berkembang dengan resiko membahayakan, jangan tempatkan perusahaan Anda dalam posisi yang sama. Analisis apa yang dapat membedakan dan membuat bisnis Anda menonjol dari yang lainnya. Anda perlu obsesif terhadap pencarian perbedaan dan keunggulan bisnis Anda. Hal ini mungkin saja dapat menjadi cara terkuat dalam pengembangan bisnis Anda.

Tambahkan Nilai dan Bangun Kepercayaan

Daripada kejar-mengejar pundi dari dompet konsumen, akan lebih menguntungkan bila Anda mengejar apa yang hati para konsumen inginkan. Perkembangan bisnis dapat bermulai dari menambahkan nilai kepada semua hubungan, baik dengan konsumen prospektif dan konsumen loyal. Kita dapat menambahkan nilai dengan memberikan informasi dan pengetahuan, menjadi konsultan/penasihat, dengan selalu melayani konsumen lebih dari kemampuan, baik sebelum maupun sesudah transaksi, dan dengan memiliki reputasi untuk eksekusi terbaik dan pelayanan yang WOW.

Pola pikir seperti ini dan pendekatan dengan membangun kepercayaan dan niat-baik adalah kartu sakti Anda untuk pengembangan bisnis. Namun membangun sesuatu tentu membutuhkan waktu. Seperti yang dikatakan oleh Seth Godin,

“People don’t believe what you tell them. They rarely believe what you show them … They always believe what they tell themselves.” 

“Orang-orang tidak akan percaya apa yang Anda katakan kepada mereka. Mereka bahkan jarang untuk melihat apa yang Anda tawarkan…Mereka selalu percaya apa yang mereka katakan pada dirinya sendiri.”

Ini adalah tentang ciri khas, personalitas publik Anda dan tindakan Anda dari waktu ke waktu, yang kemungkinan besar dapat memengaruhi apa yang orang lain akan katakan tentang bisnis Anda.

Gunakan Testimoni Dengan Bijak

Testimoni dapat menjadi hal paling krusial dalam mendirikan kredibilitas pada tahap awal Anda memulai prospek baru. Akan sangat membantu bila Anda mengetahui satu-dua hal dalam hal ini. Semisal, akan sangat tidak efektif untuk Anda menggunakan testimoni ‘satu ukuran-satu solusi’ atau one size fits all. Lebih baik jika Anda memilih testimoni yang sesuai dengan target prospektif Anda. Jika Anda akan bekerja sama dengan perusahaan mikro-menengah, sebagai contoh, Anda perlu menggunakan testimoni dari perusahaan mikro-menengah lainnya yang telah bekerja sama dengan Anda daripada menggunakan testimoni konsumen perusahaan besar. Ini menjadi prinsip dasar perilaku manusia bahwa:  Kita akan merasa lebih nyaman untuk mengambil keputusan saat sumber informmasi datang dari seseorang yang sama dengan kita.

Hindari membanjiri calon konsumen Anda dengan jumlah testimoni yang terlalu banyak. Ini akan membuat Anda terlihat terlalu memaksa. Hanya gunakan testimoni asli dan yang memberikan kebenaran/ketulusan. Terkadang, saat kita meminta testimoni, konsumen akan menulis apa yang akan menyenangkan Anda, namun tidak dengan hati mereka. Anda akan mendapatkan testimoni yang sangat umum, generik, dan acuh-tak-acuh, yang dapat membuat calon konsumen Anda melihatnya sebelah mata.

Perhatikan Ulasan Daring

Semakin bertambah konsumen yang memilih ulasan daring untuk menentukan apakah mereka akan atau tidak akan melakukan bisnis dengan perusahaan lokal. Sebuah survei dari BrightLocal tahun 2015 menunjukkan bahwa 92 persen konsumen membaca ulasan daring untuk bisnis lokal atau Usaha Mikro-Kecil-Menengah (UMKM) (naik hingga 88 persen pada tahun 2014). Terdapat 80 persen konsumen yang memercayai ulasan daring sama seperti halnya dengan rekomendasi pribadi. Mulai pasang Google Alert untuk perusahaan Anda sehingga Anda dapat memonitor dan menanggapi ulasan daring ini bila diperlukan. Ini dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan bisnis Anda dan dengan orang yang menggunakan jasa atau produk Anda. Sikap peduli dapat menimbulkan niat baik dan menarik bisnis baru.

Tanyakan Bisnis

Setelah Anda bertemu dengan calon konsumen, mengirimkan proposal, mengerjakan semua uji kelayakan dan tindak lanjut, pertimbangkan untuk menutup pembicaraan dengan berani menawarkan kerja sama bisnis. Coba dengan kalimat sederhana seperti: “Kami siap melayani kebutuhan bisnis Anda. Kapan kami dapat mulai?” Pendekatan “mari bekerja sama” ini langsung tepat sasaran, jujur dan dapat menunjukkan kepercayaan diri Anda dalam “menjual” jasa dan produk Anda. Dari hal ini, Anda juga dapat memberi calon konsumen Anda pilihan untuk dapat menolak. Akan lebih baik untuk Anda tahu bahwa mereka belum tertarik untuk melakukan kerja sama, sehingga Anda dapat fokus kembali untuk calon konsumen berikutnya.

Perhatikan Situs Web Anda

Pernahkah situs Anda tidak berfungsi? Apakah situs Anda terlihat ketinggalan zaman? Dalam dunia visual, desain sangatlah penting. Dapat dinyatakan bahwa beberapa konsumen Anda akan memulai dari mengecek situs Anda.  Riset  terbaru menunjukkan 84 persen konsumen bisnis pasti mengecek situs bisnis. Situs yang melelahkan mata dan tidak menarik tentunya akan membuat Anda kehilangan peluang. Setidaknya, Anda dapat menampilkan sebuah video untuk menunjukkan apa jasa atau produk Anda.

Jangan Acuhkan Hubungan

Sebuah studi dari Manta dan BIA/Kelsey menunjukkan konsumen setia membelanjakan 67 persen lebih banyak daripada konsumen baru. Lebih dari 60 persen pengusaha UMKM mendapatkan laba keuntungan tahunan yang mayoritas (plus 51 persen) berasal dari konsumen setia daripada konsumen baru. Ini dapat membantu Anda untuk fokus pada kumpulan upaya pengembangan bisnis yang dapat memperkuat hubungan Anda pada konsumen yang sudah ada. Hargai hubungan yang ada dan pertahankan konsumen setia yang menjalin komunikasi.

Ada beberapa cara untuk menjalin komunikasi dengan konsumen secara berkala. Pasangkan Google Alert untuk konsumen Anda sehingga Anda tahu apa yang sedang terjadi dalam usaha mereka dan dapat bereaksi di saat yang tepat. Bagikan konten yang bermanfaat di keseharian. Berikan catatan dalam acara khusus seperti hari ulang tahun atau hari jadi perusahaan. Berkomunikasi dengan klien Anda pada LinkedIn dan jaga komunikasi yang ada menggunakan fitur LinkedIn yang dapat membuat Anda untuk memberi ‘komentar’ atau mengklik ‘suka’ saat mereka memiliki hari jadi perusahaan atau saat mengganti tampilan profil. Tidak ada pengetahuan yang pasti pada seberapa sering Anda harus berkomunikasi dengan klien Anda, namun satu peraturan tetap untuk mempertahankan kesadaran top of mind klien Anda adalah untuk menunjukkan diri dalam lingkungan mereka setiap satu kuartal sekali. Anda juga dapat menjalin komunikasi dengan klien dari jarak jauh dengan ikut serta membangun kehadiran media sosial Anda.

Kalahkan Mutlak Kompetitor Anda

Riset dari Insidesales.com menunjukkan bahwa 50 persen dari pembeli memilih penjual yang membalas mereka tercepat.  Kelemahan bukanlah lawan Anda. Bagikan informasi ini kepada semua orang di perusahaan Anda. Buatlah mereka sadar dan paham bahwa pengembangan bisnis adalah kewajiban semua orang sehingga calon konsumen dapat dengan cepat jatuh kepada tangan yang tepat di dalam perusahaan Anda. Anda harus memiliki ukuran implementasi untuk kecepatan dan efisiensi penanganan konsumen. Kecepatan dapat membuat perbedaan diantara kemenangan dan kekalahan.

Pertajam Kemampuan Pengembangan Bisnis Anda

Asah kemampuan pengembangan bisnis Anda. Kini, ada banyak pilihan menguntungkan untuk para pemimpin yang sibuk atau para pengusaha untuk mengembangkan kemampuan mereka pada bagian krusial dari kesuksesan bisnis mereka. Salah satunya yaitu berkonsultasi dan berdiskusi dengan konsultan manajemen bisnis mengenai pengembangan strategi bisnis Anda. Seperti FMB Consultant yang menyediakan jasa untuk membantu bisnis dan juga kemampuan bisnis Anda berkembang.

Hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut:

Hanungbayu Setiyabisma
Managing Partner
hanung@fmbconsultant.com

Ivan Liyanto
Partner
ily@fmbpartner.com

Ikuti kami di akun media sosial FMB Consultant:

LinkedIn

Facebook

Instagram

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *